Aku dan Tubuhku Unik

​Hai..

Ini aktivitas kelas ke 1. 
Setelah kenalan dengan nama-nama jari, aku berlari ke tempat yg kena cahaya matahari untuk melihat ada garis² di jariku. Miss Inday bilang itu sidik jari yang unik dimiliki tiap orang. Yuk kita buktikan dengan mencap sidik jari ke kertas! Selanjutnya bebas deh finger printing… Jangan lupa pakai apron yaah..

Finger printing lanjut finger painting deeh..

Ssst..pakainya cat yang aman ya..yang water based, supaya mudah dicuci nantinya..
Lanjut aktivitas kedua hari ini..
Miss Inday nanya, kenapa ya ada sidik jari? Waah setelah barengan ngintip ke ensiklopedia, ternyata sidik jari ga hanya dimiliki manusia, tapi juga simpanse. Gunanya, supaya benda yg dipegang ga licin, ga gampang jatuh gitu loh.. waaah Subhanallah.. Allah SWT yang Maha Pembuat (Al Bari’) dan Maha Pembentuk (Al Mushawwir) tentu sangat memperhatikan hal tersebut serinci-rincinya. Allah SWT Hebat!

Coba yuk, dorong mobil²an di lantai dan di karpet lbh mudah mana? Ternyata lantai lebih licin ya.. Yuup..permukaan karpet yg kasar sama fungsinya kyk sidik jari kita. 

Yaudah, lanjut deh lempar tangkap bola. Bener yaa..bikin mudah ditangkap.

Kita berdiri deh, Ambu ikutan juga.
Pertama, aku menangkap bola yang Ambu lemparkan. Lalu aku melompat sejauh 1 ubin (30cm), lalu kulempar bola ke dus (karena ga punya keranjang hihihi)..yeaay lanjut aku lari berkeliling sebelum antri lagi. 

Catch, hop, aaaand throw!

Seru seru seru..

Capek dan menyenangkan hari ini..jadinya aku mudah tidur siang deh..hihihi

Advertisements

Sekolah Di Rumah

​Halo.. STAR#1 mau cerita yaa

Hari ini hari pertama aku main sasakolaan sama Mamay. Aku  ga manggil Mamay, tapi Miss Inday..hahaha. Entah kenapa kerewelanku juga berkurang selama memanggilnya seperti itu :p

Seru juga ya sekolah di rumah! 🙂

Ini aku saat ikutin Miss Inday nyanyi “Where’s Thumbkin?” dan “Nyanyian Jari” saat pembukaan. Kenapa nyanyi itu, karena tema pertama ini tentang Aku dan Diriku. SubTemanya mengenal diri sendiri. Aku berkenalan sama Miss Inday dan Pak Tomy Rusmansjah (aiyahku) sambil menyebutkan identitasku dengan suara jelas. Hihihi senang deh.. Semua orang punya nama, punya data sendiri..termasuk jari kita punya nama looh.. Kenalan dengan nama-nama jari deh..

Abis itu aku masuk aktivitas kelas 1 dan 2. Di antara kedua aktivitas itu, aku ada snack time. Aku minta makan sendiri dong. Gak apa² ada tumpah dikit..kan belajar.. Trus habis itu aku main bebas. Aku ingin menggambar pake pulpen tapi tintanya abis. Kertasnya jadi bolong. Sebelum aku merajuk, Miss Inday nulis namaku besar2 dan mengajakku membolongi kertas mengikuti huruf di namaku menggunakan pulpen tadi…ih seruuuuu…..

Ah iya, kami pakai batik karena memperingati Hari Batik Nasional kemarin hehehe

Dari Pesimis Jadi Optimis

​🌸 Dari Pesimis Jadi Optimis 🌸
Kemarin saya nulis status Facebook tentang kegalauan milih TK karena terbentur idealisme (bisa diintip di sini). Biasa lah, pengen ideal tapi modal paspasan. Bhihihi.. Pengen sekolah yang maiin karena usia di bawah 7 ini absorbent mind banget. Berharap bisa sekolahin di tempat yang membangun rasa tertarik dan kecintaannya terhadap belajar banyak hal, jangan kayak saya yang selepas TK mikirnya ‘sekolah itu ranking, sekolah itu nilai, dan saya ga mampu karena ga ada yang bantu’. Dari beberapa sekolah taksiran (masih untuk 2-3 tahun lagi sih, bukan pengikut sekolah dini) ada yang mulai bikin sreg di hati. Itu pun sudah menekan idealisme sekitar 50%. Tapi kenapa isi kepala ini masih banyak kata ‘tapi’ nya? Hiyaaa.. 😅

Alhamdulillah curhat di status ya.. panen komen yang keren² 😍 Walau ga dibales satu persatu, tapi tiap komen beneran saya baca, cerna, resapi, dan renungkan satu persatu. TERIMA KASIH BANYAK SEMUANYA :* Pagi sampe sore kapikiran..sampe lupa makan, literally. Malah ngunyah makaroni pedes sampe mual. Hahaha.

Selepas Maghrib baru kepikiran, kenapa isi kepala ga dituangin aja dalam bentuk tulisan di kertas? Apa kek. Bukannya stress release mu itu ya Nday, nulis pake pulpen di kertas kosong yang kalo dulu jadi cerpen, puisi, atau malah artikel? Akhirnya saya pun nulis keinginan saya atas sekolah ideal versi saya..hehehe.. Dengan sambil membayangkan harapan bocah tersayang lebih mau ngikutin aturan… Jadilah: One Year General Lesson Plan for 2-4 Year Old Children 😅

Euleuh…

Saya jadi……SEMANGAT dan isi kepala penuh lagiii.. Tapi auranya beda..tadinya bingung, sekarang banyak ide seruuu.. aaaak seneng seneng seneng. 

Terlebih lagi saat bu Perwitasari, Psi (bu Wiwit) mengingatkan: 

Yang pertama hrs tahu apa yg perlu ditumbuhkan pada anak sesuai usianya. Jadi tgs perkembangan anak baik sec psikologi maupun sec agama itu kita hrs tahu. Nah tinggal nanti kita putuskan apakh akan kita lakukan srndiri stimulasi nya atau mau minta tlg/bermitra dg sekolah. 

Patokannya itu. Jd nanti kita bs memilih apakh anak mau di sekolahin atau home schooling. Dan sekolah seperti apa yg mau kita jadikan mitra.

Kita perlu buat kurikulum khusus utk tiap anak kita. Spy nanti kl gk sekolah, dia gk jd unschooling. 😄

Jd jgn merasa ckp hanya dg menyekolahkan anak. Krn gk ada satu sekolahpun yg bs memenuhi seluruh aspek tgs perk anak.

Nah kl di rmh jg percuma kl emaknya gk tahu apa yg hrs diajarkan pd anaknya. Kl gk ada program utk membantu anak mencapai tugas perkembangannya.”
😍

Huwoooo makasih banyak Bu Wiwit, aku makiiin terbuka pikirannya yang mumet tadi. Bu Wiwit juga menyarankan ikut atau bahkan bikin komunitas supaya lebih banyak sumber ide dan bisa saling mengevaluasi. Okeh Buu..next step ya. Sekarang mau homskuling ala ala dulu, mau melatih kekonsistenan emaknya tanpa tekanan (iya, emang jenis emak gampang sutris bheuheuheu..nday).

Mendadaklah tanpa rencana sama sekali saya buka beberapa buku yang udah lama nangkring manis di rak. Beberapa belom dibaca malah. 😑 Ooooh ternyata yang ada di kepala selama ini makanya benturan mulu sama sekolah yg udah didatengin krn saya pengen sekolah berbasis Montessori tooh..yang anaknya bisa ambil sendiri. Yup, buku² ini harus dibaca habis dulu, termasuk soft copy KPSP dan metode Waldorf buat referensi. Sekarang PRnya nyari tahap perkembangan per tahap usia untuk pendidikan agama. Pentiiiing..karena emaknya, yaaa gitulah. Apal mereun. Heu.

Pagi tadi iseng ngelihatin dan bacain jadwal harian ke bocah, “Kakak nanti sekolah sama Mamay di rumah. Mau? Setiap harinya begini..temanya setahun ini ini ini, nanti kita fieldtrip dan masak ini juga ada proyek ini ini ini…..” ternyata dia tertarik. Mesem mesem mukanya. Yah.. mungkin ini bisa jadi latihan buat saya sendiri supaya idupnya lebih rapi, dimulai dari mengatur aktivitas harian kali ya..Bismillah..semoga saya istiqomah jalanin Today’s Star Playschool. Ide belajarnya mah udah disetujui sama pak KepSek. Tahun Ajaran baru akan dimulai bertepatan dengan Tahun Baru Islam. Sebuah kebetulan yang bukan kebetulan.

Let’s HIJRAH!
#homeschooling alaala #PAUD #earlyyears